Cara Memotret Foto Produk untuk Katalog Online dengan Handphone

 

 

 

Salah satu hal penting untuk membuat katalog online adalah foto. Banyak orang yang mengaku kesulitan untuk membuat foto yang baik. Padahal sebenarnya Anda bisa memotret produk dengan bantuan handphone. Anda cukup mengikuti beberapa tips dan trik berikut.

 

Pakai Handphone dengan Resolusi Kamera Tinggi

 

Tentunya meski memakai handphone, Anda harus menyiapkan kamera yang baik. Salah satunya adalah dengan memilih kamera dengan resolusi yang tinggi. Anda tak perlu khawatir karena handphone zaman sekarang sudah tidak kalah dengan kamera profesional. Biasanya handphone sudah memiliki resolusi di atas 5 megapixel.

 

Dengan kualitas ini, pada dasarnya handphone sudah bisa menghasilkan foto produk katalog online dengan baik. Salah satu kelebihan dari smartphone jenis ini adalah sudah dapat mengatur resolusi kamera. Anda perlu memanfaatkan resolusi paling baik dari handphone tersebut supaya bisa menghasilkan foto produk yang berkualitas. Anda bisa mengatur ISO yang tepat hingga white balance.

 

Menyiapkan Background Foto Produk

 

Di dalam pemotretan foto produk, hal yang terpenting adalah bagian background. Foto katalog online akan semakin menarik jika produk yang Anda foto begitu menonjol dan jelas. Maka dari itu, pilih background foto yang variatif. Anda bisa memakai background polos atau memakai aksen yang senada dengan produk atau konsep foto yang sudah Anda buat.

 

Untuk membuat produk Anda jadi lebih elegan, Anda bisa membuat foto dengan background yang polos. Pemakaian background polos ini akan membuat orang jauh lebih fokus kepada produk. Pilihan ini memang sangat cocok jika Anda ingin membuat foto produk menjadi lebih fokus. Background dengan aksen senada juga akan semakin menonjolkan nilai dari produk yang Anda foto.

 

Pakai Bantuan Light Box

 

Hal yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan. Dari pencahayaan inilah yang menentukan hasil foto produk yang Anda ambil. Pencahayaan yang buruk bisa berdampak pada kualitas foto produk. Agar pencahayaan semakin baik, Anda bisa memakai light box. Gunakan lampu duduk yang dipasang pada kiri atau kanan lightbox. Hal ini bisa dibuat seperti studio mini yang bisa membuat cahaya lebih maksimal.

 

Jika sesi foto produk di luar ruangan, maka Anda bisa memanfaatkan cahaya matahari guna membuat hasil yang lebih alami dan maksimal. Hindari pemakaian flash pada kamera handphone karena justru dapat merusak hasil foto produk.

 

 

 

 

Leave a Comment