Hal Yang Harus di Perhatikan Sebelum Melakukan Pinjaman Online

by -115 Views

1. Tentukan dulu destinasi keuanganmu

Pastikan TemanKeu memahami destinasi meminjam melewati Pinjol baik tersebut guna konsumtif atau produktif, baik guna modal usaha atau sebatas memakai kemudahan angsuran guna mengerjakan pembelian barang yang anda inginkan, atau guna ongkos berobat dan edukasi? Kenapa menilai destinasi finansial tersebut penting? Karena tidak sedikit orang yang salah kaprah memakai pinjaman online guna menutupi ongkos utang sebelumnya. Jika urusan ini terjadi, pemakai pinjaman online bakal terpuruk ke dalam situasi utang yang lebih dalam. Artinya, tidak mempedulikan bunga berbunga menumpuk dan menyulitkan situasi finansial TemanKeu sendiri.

 

2. Rasio utang tidak melebihi dari 30 persen

Maksudnya ialah penghasilan bulanan TemanKeu baik dari bisnis atau dari gaji tidak melebihi rasio utang yang seharusnya. Misal, seorang karyawan swasta dengan gaji Rp3.000.000 maka pastikan bahwa utang yang dipunyai atau angsuran yang dipunyai tidak lebih dari Rp900.000, atau 30 persen dari gaji bulanan. Kenapa demikian? Tentu di samping tidak sehat menurut penjelasan dari perencanaan keuangan, tentunya TemanKeu tidak inginkan kan penghasilan bulanan anda lewat begitu saja melulu guna menunaikan utang sebab kekeliruan TemanKeu sendiri dalam memperhitungkan pos-pos keuangan.

 

3. Pastikan pinjaman online itu tercatat dan dipantau OJK

Berikutnya, pastikan perusahaan pinjaman online yang bakal dikemukakan pinjaman itu tercatat dan dipantau oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebab bilamana terjadi urusan yang tidak mengasyikkan di lantas hari maka TemanKeu dapat mengerjakan pelaporan, dan hak dan keharusan sebagai nasabah atau sebagai peminjam bisa dilindungi.

 

4.  mengenal penipuan melewati pinjaman online

Berikut ciri-ciri modus penipuan Pinjaman Online via SMS

  •  SMS berasal dari nomor umum yang tidak dikenal
  • SMS penipuan bisa berasal dari nomor umum yang terdiri atas digit yang banyak. Umumnya SMS pribumi yang berasal dari setiap operator terdiri selama 3-6 digit angka.
  •  Tidak terdapat Persyaratan
  • Menawarkan pinjaman cepat langsung cair tanpa menyerahkan persyaratan khusus. Apabila hendak mengemukakan pinjaman, pastikan pinjaman online yang dipilih menyerahkan persyaratan yang jelas dan mesti melewati situs sah atau aplikasi.
  •  Kelengkapan informasi perusahaan tidak valid
  • Pinjaman online ilegal seringkali menutupi informasi perusahaan. Oleh sebab itu, pastikan tidak jarang kali kelengkapan dan kebenaran informasi dari identitas perusahaan.

 

5. Tips supaya terhindar dari pinjaman online ilegal via SMS

TemanKeu supaya tidak jarang kali berhati-hati dan tidak tergiur tawaran pinjaman online yang tidak jelas asal-usulnya. Jika memang membutuhkan, TemanKeu dapat memanfaatkan pinjaman dari Fintech P2P Lending yang legal, dimana kepengurusannya tersertifikasi, tempat kantornya jelas dan terdaftar/berizin di OJK. Untuk memahami susunan pelaksana Fintech P2P Lending yang tercatat dan berizin di OJK, periksa daftarnya di bit.ly/daftarP2PLending, atau dapat menghubungi Kontak OJK di nomor 157, whatsapp di nomor 081157157157 atau email [email protected] dan [email protected] Untuk memeriksa pinjaman online itu sudah menjadi anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), masyarakat dapat mengklik tautan www.afpi.or.id/members.

 

Jadi, menurut penjelasan dari pendapat individu saya nih, sepanjang TemanKeu tetap arif dan berfikir rasional cocok dengan kebutuhan, tidak boleh alergi dan fobia dengan fintech atau pinjaman online, ya! Dan, tidak boleh abai pun untuk mengisi keharusan pembayarannya cocok masa-masa yang sudah ditetapkan, agar TemanKeu terhindar dari stres dampak “sapaan hangat” dari debt collector, dan pastinya dengan modal yang terus berputar, ekonomi pun bakal terus bergulir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.