Mengenal Keunikan Rumah Tambi Khas Sulawesi Tengah

by -146 Views

Hal yang menjadi keanehan dari lokasi tinggal Tambi ialah rumah tersebut melulu mempunyai satu ruangan saja, yaitu ruang utama. Meskipun begitu, ruangan tersebut dapat mempunyai faedah yang pelbagai dan akan digunakan sesuai dengan faedah yang terdapat pada ketika itu.vAtap dari lokasi tinggal adat sulawesi tengah ini mempunyai format seperti prisma dengan sudut kecil pada bagian sangat atas sehingga lokasi tinggal akan tampak tinggi dan seolah menjadikan lokasi tinggal terlihat lebih besar.vRumah Tambi dipakai sebagai lokasi tinggal. Rumah Tambi mempunyai bangunan tambahan, yakni Buho atau Gambiri. Bangunan itu berbentuk trapesium dan terdiri dari dua lantai.vDi mana pada lantai bawah bermanfaat sebagai lokasi menerima. vSementara pada lantai atas digunakan sebagai lumbung padi.

Berukuran lebih kecil dari dari Tambi dan berbentuk segi empat. Bangunan ini agak semi terbuka dikomparasikan rumah Tambi.Adat Sulawesi Tengah dan KeunikannyavAda pelbagai rumah adat Sulawesi Tengah, urusan ini sebab provinsi yang beribukota di Kota Palu ini, dihuni oleh sejumlah suku, laksana suku Kaili, Pamona, Mori, Bungku, Saluan, Banggai, Balantak, Buol, dan Toli-toli.vIndonesia ialah salah satu negara di dunia yang mempunyai adat dan kebiasaan yang berbeda-beda. Hampir setiap wilayah yang terdapat di Indonesia memiliki kebiasaan yang menarik dan mempunyai perbedaan antara satu dengan yang lainnya.vPerbedaan berikut yang menjadikan Indonesia sebagai di antara negara yang digemari oleh turis asing sebab mempunyai ragamnya sendiri dan sangat unik untuk menjadi tujuan wisata utama.

#.Rumah Adat Sulawesi Tengah

Rumah adat Sulawesi Tengah adalahsalah satu misal dari lokasi tinggal adat di Indonesia yang memiliki keunikannya tersendiri.vAda tiga lokasi tinggal adat Sulawesi Tengah yang bertolak belakang dengan keunikannya masing-masing. Berikut ini ialah informasinya.

#. Rumah Tambi

Rumah adat Sulawesi Tengah yang kesatu ialah rumah Tambi. Rumah Tambi ialah rumah untuk suku Kaili dan suku Lore yang sedang di provinsi Sulawesi Tengah. Desain lokasi tinggal panggung seolah menjadi salah satu karakteristik dari sekian banyak rumah adat yang terdapat di Indonesia. Rumah adat Tambi yang sedang di Sulawesi Tengah ini pun mengadopsi desain lokasi tinggal panggung. Masyarakat suku Kaili dan Lore juga tidak sedikit yang menjadikan lokasi tinggal Tambi ini sebagai lokasi tinggal tinggal untuk kepala adat yang terdapat di daerahnya masing-masing.

 #. Struktur Bangunan Rumah Tambi

Secara struktural, lokasi tinggal adat Sulawesi Tengah ini diciptakan berupa sebuah lokasi tinggal panggung yang mempunyai tiang pengampu struktur yang pendek dan mempunyai tinggi tidak lebih dari satu meter.cSengaja diciptakan tidak menyentuh dengan tanah supaya permukaan di dalam lokasi tinggal tidak terlampau lembab dan tetap nyaman pada masing-masing cuaca yang berbeda.vTiang pengampu struktur dari lokasi tinggal Tambi ini tercipta dari kayu bonati yang adalahsalah satu jenis dari kayu hutan yang mempunyai tekstur powerful dan tidak gampang untuk lapuk. Rumah adat Sulwesi Tengah ini pun mempunyai lantai yang tercipta dari papan yang dibentuk dengan rapat.

Alas lokasi tinggal adat Tambi tercipta dari balok-balok yang disusun, sementara pondasinya tersusun dari batu alam. Rumah Tambi tidak berkamar dan penghuninya seringkali tidur di ruang tengah dengan memakai tempat istirahat dari kulit kayu.vDi tengah-tengah ruangan utama ada dapur yang dilengkapi dengan perapian untuk memasak. Arah lokasi tinggal Tambi menghadap utara-selatan, ini dilakukan supaya tidak menghadap atau membelakangi matahari.vTangga guna masuk tercipta dari batang-batang kayu berbentuk bulat. Jumlah anak tangga rumah bertolak belakang dan mempunyai arti. Anak tangga berjumlah aneh menandakan lokasi tinggal kepala adat. Sementara anak tangga berjumlah genap adalahrumah penduduk. Rumah yang berbentuk panggung itu tidak mengenal sekat pada ruangan. Sehingga masyarakat setempat melakukan kegiatan semuanya melulu dalam satu ruangan.

#. Keunikan Rumah Tambi Khas Sulawesi Tengah

Hal yang menjadi keanehan dari lokasi tinggal Tambi ialah rumah tersebut melulu mempunyai satu ruangan saja, yaitu ruang utama. Meskipun begitu, ruangan tersebut dapat mempunyai faedah yang pelbagai dan akan digunakan sesuai dengan faedah yang terdapat pada ketika itu. Atap dari lokasi tinggal adat Sulwesi Tengah ini mempunyai format seperti prisma dengan sudut kecil pada bagian sangat atas sehingga lokasi tinggal akan tampak tinggi dan seolah menjadikan lokasi tinggal terlihat lebih besar. Rumah Tambi dipakai sebagai lokasi tinggal. Rumah Tambi mempunyai bangunan tambahan, yakni Buho atau Gambiri. Bangunan itu berbentuk trapesium dan terdiri dari dua lantai. Di mana pada lantai bawah bermanfaat sebagai lokasi menerima. Sementara pada lantai atas digunakan sebagai lumbung padi. Berukuran lebih kecil dari dari Tambi dan berbentuk segi empat. Bangunan ini agak semi terbuka dikomparasikan rumah Tambi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.